Beranda > Uncategorized > Tai Chi aliran Chen

Tai Chi aliran Chen

Tai Chi aliran Chen

Chen Changxin dan Yang Luchan

Chen Tai chi chuan adalah asal dari semua aliran tai-chi. Tai-chi aliran chen memiliki ciri kuda-kuda yang rendah, menekankan gerakan memutar (Chan si gong) dan pelepasan energi (fa jin).

Chenjiagou adalah desa tempat tinggal keluarga Chen. Dari catatan sejarah dikatakan bahwa keluarga Chen berasal dari Shanxi. Generasi pertama keluarga Chen, Chen Pu sekitar tahun 1600-an pindah dari Shanxi ke Provinsi Henan, yang dulunya bernama Chang Yang Cun.

Chen Jiagou menjadi pusat pelatihan Tai-Chi. Generasi ke sembilan (Chen Wanting) adalah orang pertama secara formal yang mengkodifikasikan beladiri keluarga Chen.

Salah satu keluarga Chen yang sangat dikenal adalah Chen Changxing, generasi ke 14, hidup pada tahun 1771 – 1853. Dialah yang membakukan warisan Chen Wanting menjadi yang sekarang dikenal sebagai “Lao Jia” (bentuk lama). Selain itu Chen Changxin juga melawan tradisi keluarga Chen, dengan mengajarkan beladiri keluarga Chen kepada orang diluar keluarga Chen, dia adalah Yang Luchan (1820),  yang kemudian mengembangkan Tai-Chi aliran Yang. Dari Tai-Chi aliran Yang, berkembang Tai-Chi aliran-aliran lainnya: Sun, Wu, Hao dan sebagainya. Sementara Tai-Chi aliran Chen tetap hanya diajarkan pada keluarga Chen saja sampai tahun 1928.

Chen Youben, generasi ke 14, dikenal sebagai pencipta Xiao Jia (bentuk kecil), yang berbeda dengan Lao Jia yang diciptakan Chen Changxing.

Pada saat ini di negara-negara Barat, Tai-Chi aliran Chen tumbuh dengan pesat dan dikenal sebagai latihan beladiri dan untuk alasan kesehatan.

Pada akhir 1920-an, Chen Fake (1887 – 1957), memutus tradisi keluarga Chen dengan mulai mengajarkan Tai Chi  keluarga Chen  secara terbuka kepada masyarakat luas. Selain itu Chen Fake juga dikenal sebagai pencipta “Xinjia” (bentuk baru). Chen Fake memiliki murid-murid seperti: Hong Junsheng, Feng Zhiqiang, Li Jingwu, Chen Zhaokui, Gu Liuxin, Lei Muni, Tian Xiuchen, Xu Rusheng, dan Li Jianhua.

Saat ini, ada 4 orang Grand Master aliran Chen yang sangat dikenal yaitu: Chen Xiaowang, Chen Zhenglei, Wang Xian dan Zhu Tiancai.

Selain itu Grand Master lainnya dari Tai Chi aliran Chen adalah: Chen Yu (cucu Chen Fake), Li Enjiu (murid Hong Junsheng), Zhang Xuexin, Zhang Zhijun, Mahong (murid Chen Zhaokui.

(Disadur dari Wikipedia)

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: